Sabtu, 24 November 2012

MEMBANGUN LAB KOMPUTER

MEMBANGUN LAB KOMPUTER

DSC01681
Membangun sebuah lab komputer murah sangat mudah dan gampang kalau siapapun ingin mempelajarinya, yang terpenting dia memiliki dasar Ilmu Komputer dan kemauan yang tinggi, dan juga modal yang mungkin sangat berperan di sini, Syukur-syukur pembaca memiliki komputer ya minimal dua unit komputer, atau bikin kelompok sama teman-teman yang pastinya sudah punya komputer untuk diajak bergabung di dalam membuat atau membangun sebuah laboratorium komputer yang murah yang syarat dengan kebutuhan pengguna komputer sekarang ini. Jika sudah memahami cara membangun sebuah Lab Komputer  maka cukup lumayan digunakan sebagai usaha Investasi Kerjasama Komputer Ke Sekolah-Sekolah Yang Notabennya kebanyakan merasa tidak mampu dengan biaya tinggi namun dengan teknologi yang kami berikan ini mungkin cukup membuka kesempatan bagi instansi pendidikan di dalam mengadakan Lab Komputer di sekolah mereka masing-masing.
Ada beberapa hal yang musti diperhatikan di dalam membangun sebuah Lab Komputer Murah :
1. Spesifikasi Komputer Server.
2. Spesifikasi Komputer Client.
3. Software Pendukung Yang digunakan.
4. Local Area Network (LAN)
5. Operating System Client.
SPESIFIKASI KOMPUTER SERVER
Apa yang dimaksud dengan spesifikasi Komputer Server adalah daya kemampuan sebuah server untuk membagi seluruh program-program yang ada di server terhadap jumlah client yang dibangun. Misalkan Pentium II maka kemampuan normal untuk mengangkan client sebanyak 5 unit computer, Pentium III di bawah 20 client, dan Pentium IV bisa di atas 20 client
SPESIFIKASI KOMPUTER CLIENT
Untuk sebuah lab komputer murah tidaklah memerlukan spesifikasi yang tinggi, (kalo tinggi ya jadi lab komputer mahal). Misalkan spesifikasi yang dibutuhkan cukuplah Komputer Jadul seperti Komputer type 286/386/486 dan Pentium I yang sudah didukung Lan Card dan VGA Card.
SOFTWARE PENDUKUNG YANG DIGUNAKAN
Ada beberapa software pendukung yang diperlukan untuk menginstal komputer server di dalam membangun Lab Komputer Murah, dalam hal ini penulis menggunakan software antara lain :
1. Untuk OS nya menggunakan Windows 2000 Server.
2. Untuk menshare seluruh Program yang ada di Server menggunakan Metaframe Citrix 1.8 for Windows 2000.
3. dan Aplikasi lainnya seperti Office XP atau 2003, Online Internet, Corel 11, Games standar dan lain-lain.
LOCAL ARENA NETWORK
Untuk dapat digunakannya atau berjalannya sebuah Lab Komputer Murah harus mengerti tentang Teknik Jaringan Komputer (LAN). Kalau tidak mengerti tentang LAN maka percuma saja kalau kita mencoba membangun Lab Komputer Murah, namun dalam hal ini saya pun akan menjelaskan bagaiman cara membuat Jaringan Komputer sebagai pendukung Lab Komputer Murah secara bertahap dan detail.
OPERATING SYSTEM CLIENT
Operating System Client dibuat dalam bentuk Media yang digunakan seperti Diskette atau HDD minimal, atau Piringan CD. Dianjurkan pake Piringan CD Juga murah tahan lama dibanding Diskette dan lebih cepat loadingnya. Operating system ini berupa system under DOS sehingga tidak memerlukan kapasitas media penyimpanan yang besar sehingga sangat meminimalkan biaya yang nantinya berfungsi untuk dapat menghubungkan antara computer client dengan server sehingga client mirip sekali dengan server.
Untuk langkah berikutnya di dalam membangun Lab Komputer Murah adalah sebagai berikut
INSTALASI JARINGAN LAN
Spesifikasi yang diperlukan :
1, Kabel UTP.
2. RJ 45.
3. Tang Krimping (Tools Crimp)
4. HUB Swich.
Untuk merakit sebuah jaringan komputer lebih dari 2 unit komputer pastikan komputer anda sudah terpasang sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh si Penulis.
Menghubungkan Kabel UTP dengan RG45.
Potong Pelindung Kabel (Kulit luar) dengan panjang sesuai dengan Pin (lobang) RG45 dengan menggunakan Tang Kerimping (Crimp Tool). Kemudian luruskan kabel warna yang terdiri dari Biru, Biru Putih, Orange, Orange Putih, Hijau, Hijau Putih, Coklat, Coklat Putih.
Pengaturan warna untuk jaringan Komputer lebih dari 2 bebas-bebas saja, yang terpenting antara ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang kedua sama urutannya.
Sedangkan untuk jaringan yang menghubungkan hanya dua komputer saja, juga menghubungkan antara HUB ke HUB maka pengaturannya dengan metode Cross, urutan warnanya sebagai berikut :
Urutan Warna untuk ujung Kabel Pertama :
Putih Hijau, Hijau, Putih Orang, Orange, Putih Biru, Biru, Putih Coklat, Coklat
Urutan Warna untuk ujung Kabel Kedua :
Putih Orange, Orange, Putih Hijau, Biru, Putih Biru, Hijau, Putih Coklat, Coklat.
Kemudian kabel warna yang sudah diluruskan dan diatur warnanya kemudian masukan ke masing-masing Pin (lobang) RG45 yang terdiri dari 8 lobang. ingat jangan sampai salah, resiko tidak bisa nyambung. Kemudian Press dengan tang kerimping agar sambungan kabel dan RG 45 kuat tidak mudah lepas.
Kemudian mengatur protocol melalui Network Connections dengan mengklik kanan pada Lan Card dan klik Properties, Install, klik Protocol, Klik Add, pilih (IPX/SPX, NETBEUI) Kalo TCP/IP biasanya sudah di dalam windows.
INSTALL SERVER DENGAN WINDOWS 2000 SERVER
1. Pastikan komputer server sudah dihidupkan dan posisi booting awal pada CD Rom.
2. Masukan CD Windows 2000 Server ke dalam CD Rom.
3. Pada saat “Press any key to continoue…” segera tekan sembarang tombol pada
4. keyboard, dan kemudian tunggu sebentar.
5. ENTER untuk melanjutkan, kemudian tekan F8, kemudian tekan ENTER.
6. Pilih Format the partition using the NTFS file system, kemudian ENTER.
7. Tunggu hingga komputer merestart ulang.
8. Tekan Next 2 x.
9. Pada kotak Name masukan nama (bebas).
10. Pada kotak Organization ketik nama Organisasi kamu (bebas).
11. Kemudian Next.
12. Kemudian pilih : (optional)
Ø Per Server kemuduan masukan jumlah klien yang dibangun.
Ø Per Seat jumlah klien tidak dibatasi.
13. Kemudian Next.
14. masukan nama server (bebas) pada kotak Computer Name.
15. Kemudian klik Next.
16. Pada kotak Components, klik :
Ø Networking Services.
Ø Terminal Services.
Ø Terminal Services Licensing.
17. Kemudian Next.
18. Atur waktu tanggal, bulan, hari, tahun dan time zone (wilayah Jakarta).
19. Kemudian Next.
20. Pilih Application server mode, kemudian Next.
21. Pilih Permissions compatible with terminal server 4.0 users.
22. Kemudian Next, tunggu sebentar, kemudian komputer merestart. Selesailah proses install program pada komputer server, kemudian kenali spesifikasi hardware pada sistem dengan memasukan CD Driver bawaan motherboard komputer, ternasuk LanCard pada server sudah terinstall.
Kemudian menginstall CD Driver Komputer untuk mengenali Hardware Komputer dengan system, kemudian Install Metaframe Citrix 1.8 For Windows 2000 dan membuat Disk Operating System untuk Client

1 komentar:

  1. sebuah lab komputer dgn mudah dan murah bisa di adakan disekolah.
    dan termasuk dengan menggunakan alat thin client tersebut. tidak ada alasan lagi lembaga pendidikan tdk memiliki lab komputer sebagai penunjang nya
    www.gaweit.com

    BalasHapus